kena air

Kecerobohan memang bisa terjadi kapan aja dan di mana aja. Termasuk air tumpah ke laptop. Keyboard laptop kena air yang nggak sengaja ditumpahkan memang hal yang menyeramkan. Bukan seram karena takut dengan biaya perbaikannya, tapi lebih takut kehilangan data dan juga tugas-tugas yang belum sempat diselesaikan.

Daripada panik dan sedih, kalau udah kena air begitu kamu harus tanggap dan melakukan hal-hal ini:
  1. Cabut kabel kalau sedang di-charge

Kalau laptop kamu ketumpahan air saat sedang di-charge, langsung aja cabut kabel charger-an untuk mencegah terjadinya korsleting.

  1. Langsung matikan laptop

Setelah kabel charger dicabut, kamu harus langsung mematikan laptop agar nggak korslet ke dalam kabel komponen di dalam keyboard laptop-mu. Waktu minimum untuk mematikan laptop adalah sekitar 10 jam, jadi diamkan aja sampai airnya benar-benar kering.

  1. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik

Rasa khawatir pasti ada, tapi jangan coba-coba untuk menyalakan kembali laptop yang masih menyimpan air tersebut. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik agar air bisa keluar dari celah-celah keyboard. Pastikan kamu mengganjal layar laptop dengan sebuah benda agar posisi laptop bisa pas dan tetap aman.

kena air

  1. Keringkan dengan kipas angin atau hair dryer

Untuk membantu mengeringkan laptop lebih cepat, kamu bisa gunakan bantuan kipas angin. Sekarang ini ada banyak kipas angin kecil yang bisa dinyalakan di bawah keyboard laptop yang sedang dikeringkan secara terbalik. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan keyboard, asalkan kamu udah memastikan kalau kamu nggak menggunakan suhu yang terlalu panas dan nggak meletakkannya terlalu dekat dengan keyboard laptop. Kenapa? Karena panasnya bisa merusak keyboard laptop kamu.

  1. Bongkar keyboard laptop

Kalau kamu paham, berpengalaman, dan memiliki peralatannya, kamu bisa coba untuk membongkar keyboard laptop. Dengan begitu kamu bisa membersihkannya dengan lebih detail. Kamu bisa membongkar bagian-bagian laptop tersebut dan mengeringkannya satu per satu untuk hasil yang maksimal.

  1. Hati-hati kalau keluar asap

Kalau keyboard kamu mulai mengeluarkan asap, kamu perlu berhati-hati. Hal itu menandakan kalau logic board atau motherboard laptop kamu udah mengalami korsleting, dan hal itu tentu berbahaya. Kalau hal itu terjadi, cara teraman yang bisa kamu lakukan adalah membawa laptop-mu ke tempat servis untuk diperbaiki.

Nah, mulai sekarang kamu perlu lebih berhati-hati dengan menghindari meletakkan minuman atau makanan di dekat laptop. Lebih baik mencegah sebelum hal buruk seperti di atas terjadi, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *