menjadi influencer

Pastinya kamu nggak asing lagi kan mendengar kata influencer? Atau mungkin, beberapa di antara kamu ada yang memiliki influencer favorit yang dijadikan panutan tren gaya hidup? Atau bahkan, ada yang ingin coba menjadi influencer?

Ya, banyak yang bilang kalau influencer adalah profesi baru yang diidam-idamkan. Gimana nggak? Nggak perlu ngantor, tapi bisa dapat uang. Pasti banyak kan yang ingin? Apalagi sering dapat produk gratisan dari brand. Nggak heran kalau banyak anak muda Indonesia yang mulai mencari kesempatan di bidang ini.

Nah, buat yang tertarik, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menjadi influencer yang sukses, yaitu:
  1. Tentukan brand diri sendiri

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan brand diri sendiri yang nantinya akan kamu tampilkan pada profil di media sosial. Tentukan brand berdasarkan minat kamu, apakah kamu tertarik dengan bidang musik, fashion, kosmetik, atau lainnya. Langkah ini bukan cuma sebagai bentuk identitasmu sebagai influencer, tapi juga berkaitan dengan kriteria followers kamu. Misalnya, kamu tertarik dengan fashion dan sering membagikan konten tentang fashion, pasti followers kamu akan dipenuhi dengan orang-orang yang suka fashion juga.

  1. Buat perencanaan rutin

Kamu pasti butuh rencana atau konsep untuk kebutuhan posting konten. Buatlah jadwal hari persiapan dan wajib posting. Misalnya, hari Senin adalah hari moderasi komen, hari Rabu hari persiapan, hari Jumat hari pengambilan foto atau video, dan hari Sabtu adalah hari editing dan upload. Selain itu, kamu juga perlu memiliki referensi dari akun lain. Hal ini supaya kamu bisa dapat inspirasi untuk konten-konten selanjutnya.

menjadi influencer

  1. Ikuti akun-akun dengan tema yang sama

Bangunlah jaringan dengan mengikuti akun-akun lainnya yang memiliki tema sama dengan kamu. Nggak perlu mendekati akun-akun dengan jumlah followers yang besar, yang penting adalah akun yang memiliki tema sama. Dengan begitu, kamu bisa diskusi bersama mengenai berbagai hal. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa mengajak influencer lain untuk berkolaborasi. Kalau muncul di konten akun lain, itu berarti kamu bisa memperkenalkan diri ke followers mereka.

  1. Hindari beli followers

Janganlah tergiur untuk beli followers. Belum tentu semua followers yang didapat tersebut adalah orang yang benar-benar suka dengan kontenmu. Kamu jadi sulit dapat feedback dan nggak bisa evaluasi apakah kontenmu memang menarik atau nggak. Brand juga tahu mana followers yang beli dan mana yang organik. Pasti kamu nggak mau malu dong kalau followers-mu sampai ribuan tapi tiap kali posting cuma dapat di-like 20 orang?

  1. Sering berinteraksi dengan followers

Seorang influencer harus merangkul followers-nya dengan cara saling berinteraksi, baik di kolom komentar atau memanfaatkan fitur story di Instagram atau Facebook. Kamu bisa memulainya dengan menyapa follower, berbagi pengalaman menarik, membuat Q&A, dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan semakin berkesan di hati mereka dan bisa aja namamu akan disebarluaskan lagi oleh mereka.

Menjadi influencer yang sukses memang butuh proses yang panjang. Asalkan semua proses dilakukan secara konsisten, maka keinginan kamu jadi influencer tentu bisa kamu capai. Intinya, kamu harus bersabar dan terus berusaha serta pantang menyerah untuk mengasah kreativitasmu dalam menyuguhkan konten-konten yang menarik pada media sosialmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *