berpikir kritis

Salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari adalah critical thinking atau berpikir kritis. Kemampuan ini akan membantu kamu dalam baik dalam studi maupun bekerja. Dengan berpikir kritis, kamu bisa menilai suatu informasi untuk membuat keputusan atau solusi yang tepat, dan tentunya memberikan keuntungan untuk menghadapi segala situasi dan permasalahan.

Nah, agar mudah terbiasa, 4 cara berikut ini akan melatih kemampuan berpikir kritis kamu:
  1. Sering bertanya

Rajin bertanya bisa meningkatkan kemampuan critical thinking kamu, tapi bukan berarti menunjukkan ketidaktahuan, ya. Sama seperti diam bukan berarti mengerti atau paham. Orang yang berpikir secara kritis biasanya nggak langsung menerima atau mempercayai apa yang dia lihat atau dengar. Saat menerima informasi, mereka akan berpikir dan mempertanyakan sejumlah hal.

Misalnya, siapa sumbernya, apa dasarnya, apakah ada kaitan antar hal-hal yang ada di dalamnya, dan sebagainya. Mereka nggak akan menerima informasi begitu aja apalagi yang nggak sesuai dengan logika.

berpikir kritis

  1. Saring informasi

Sekarang ini kita hidup dalam era yang penuh dengan informasi. Apalagi didukung dengan teknologi yang terus berkembang, informasi pun lebih mudah didapatkan. Kamu perlu menyaring mana informasi yang benar atau relevan dengan kebutuhan kamu. Begitu mendapat informasi, baik dari internet maupun bukan, kamu harus bisa menyaring mana yang bisa dipercaya atau mana yang memiliki kredibilitas. Mana yang hoax dan mana yang bukan.

  1. Bedakan opini dengan fakta

Banyak yang menganggap sebuah asumsi itu sama dengan fakta. Misalnya, ‘kopi lebih enak daripada teh’, hal itu adalah sebuah opini yang sifatnya masih asumsi, bukan sebuah fakta. Dalam membuat argumen, kamu membutuhkan data terlebih dulu. Misalnya, ada penelitian yang menyebutkan kalau kopi bisa menstimulasi otak dan sistem saraf, dan kopi lebih banyak mengandung kafein daripada teh. Dari situ, kamu bisa berargumen kalau kopi lebih menstimulasi otak dibanding teh.

  1. Lihat dari sudut pandang orang lain

Dalam membuat keputusan, kamu harus melakukan penilaian atau evaluasi terlebih dulu. Pertimbangkan dan bandingkan pilihan-pilihan yang ada. Hal itu akan mudah dilakukan kalau kamu terbiasa melihat suatu persoalan dari berbagai sudut pandang. Dengan berdiskusi bersama teman, keluarga, dosen, mentor, atau siapa aja, kamu akan mendapatkan banyak masukan dan ide yang bisa memicu kreativitas kamu. Jadi, saat bertemu dengan pandangan yang berbeda dengan apa yang kamu yakini, kamu jadi terbiasa untuk berpikir kritis dan objektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *