cara berlari

Berlari itu bukan cuma sekadar melibatkan kaki. Seluruh tubuh pun ikut bergerak ketika berlari. Untuk melakukan olahraga yang satu ini, kamu perlu tahu teknik yang tepat agar larimu jadi lebih optimal.

Selain teknik, menghemat energi juga merupakan faktor yang penting. Dengan menghemat energi, kamu bisa berlari lebih lama dalam jarak yang jauh sekalipun.

Kalau kamu mau bebas dari cedera dalam olahraga satu ini, yuk, simak cara berlari yang benar berikut ini:

Kepala

Saat berlari, pandangan sebaiknya ke depan. Dengan memandang lurus ke depan, akan membuat leher dan punggung lurus dengan sendirinya. Jadi, kepala, leher, dan punggungmu selaras dengan baik. Jangan menegangkan bagian rahang dan leher kamu ya.

Bahu

Usahakan untuk tetap santai dan rileks serta longgarkan bahumu. Jangan terlalu membungkuk atau mendongak, karena hal itu malah membuat bahu kamu jadi tegang.Gerakkan bahumu ke kiri dan ke kanan senada dengan gerak lari kamu.

cara berlari

Tubuh

Luruskan punggung kamu, jangan membungkuk atau terlalu mendongak. Usahakan kamu dalam posisi tegak tapi sedikit condong ke depan. Dengan begitu, posturmu jadi seimbang untuk berlari. Dengan condong ke depan, kamu akan merasa memiliki banyak energi untuk berlari dan larimu terasa lebih ringan. Tapi, jangan terlalu condong ke depan ya, karena bisa membuat kamu terjatuh. Memutar tubuh ke kiri dan kanan juga bisa menyebabkan cedera.

Lengan

Lengan yang aktif bergerak akan membantu mendorong maju gerakan berlari dan juga mencegah rotasi batang tubuh yang berlebihan. Posisikan siku kamu sekitar 90 derajat dan bergeraklah dengan ritme yang nyaman. Usahakan tanganmu agar nggak terlalu mengepal, dan coba untuk rileks.

cara berlari

Lutut

Jangan menaikkan lutut kamu lebih dari tinggi lututmu sendiri, karena hal itu akan membuang energimu. Sebaiknya posisi lututmu saat berlari adalah tiga perempat dari tinggi lutut. Kalau kamu tergolong memiliki kaki yang panjang, hal ini menguntungkan kamu karena energi kamu nggak akan terbuang secara boros.

Kaki

Jangan posisikan telapak kaki kamu sebagai tumpuan seluruh berat badanmu, dan usahakan untuk menyentuh jalan dengan ringan. Buat titik tumpu berat badanmu pada lutut. Fungsinya adalah untuk menghemat energi kamu saat berlari.

Nah, itu dia teknik cara berlari yang benar. Supaya bisa menghemat energi dan agar nggak mudah kelelahan, ikuti aja teknik-teknik di atas ya. Jangan lupa biasakan minum air yang banyak ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *