menghadapi ujian

Sebagai mahasiswa, pastinya kamu harus melewati ujian selama masa kuliah kamu. Tujuan ujian itu sendiri adalah untuk mengetes, apakah ilmu yang selama ini kamu dapat benar-benar udah kamu pahami atau belum.

Nah, pasti banyak juga di antara kamu yang mengalami stress menjelang musim-musim ujian. Perasaan seperti stress dan tegang sebelum ujian itu wajar kok.

Mau tahu cara mengatasi rasa stress saat menghadapi ujian? Yuk, simak di sini:

menghadapi ujian

1. Buat persiapan yang matang

Stress menjelang ujian biasanya muncul karena adanya rasa cemas takut gagal, mulai dari takut mesti ulang ujian, takut nggak dapat nilai sesuai harapan, sampai takut ketemu dengan soal-soal yang nggak terduga.

Nah, untuk meminimalisirnya, baiknya kamu mempersiapkan diri dengan matang, alias belajar. Kamu bisa mencicil belajar dari jauh-jauh hari, karena kalau pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), yang ada kamu makin stress karena nggak kuat memahami materi ujian yang seabrek dalam waktu semalam. Kalau kamu udah belajar dengan baik, pasti rasa percaya diri kamu bakal meningkat, dan kamu bisa lebih tenang menghadapi ujian.

2. Fokus

Kamu perlu fokus dan mengendalikan stress kamu. Biasanya karena stress, orang jadi melakukan hal-hal yang kurang baik, seperti hilangnya mood untuk belajar, dan malah main game atau ber-medsos ria seharian. Kamu perlu kendalikan stress kamu, dan tetap fokus pada tujuan utama, yaitu fokus untuk menghadapi ujian dengan baik.

menghadapi ujian

3. Cari teman seperjuangan

Jangan stress sendirian! Ajak teman-temanmu yang juga ikut ujian untuk stress bersama. Maksudnya, ajak mereka untuk belajar bareng, bahas soal bareng, atau diskusi bareng. Lumayan juga untuk meringankan beban ujian lho.

4. Minta dukungan orang-orang terdekat

Begitu jadwal ujian keluar, langsung aja beritahukan anggota keluarga, teman, atau pacar kamu, dan minta mereka untuk mendukung kamu agar kamu bisa melewati ujian dengan baik. Dukungan mereka penting juga lho,karena mereka bisa memberikan kamu waktu untuk belajar dan nggak ngajak kamu untuk nongkrong bareng, memberikan kamu motivasi, atau membuat suasana rumah atau kosan jadi lebih kondusif buat belajar.

Dengan begitu, proses belajar kamu juga jadi lebih menyenangkan dan bebas stress.

menghadapi ujian

5. Terapkan prinsip “Nothing to lose

Setelah berusaha semaksimal mungkin, hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah pasrah dan ikhlas. Sebelum ujian, tekankan aja ke dirimu sendiri, kalau kamu nggak perlu merasa menyesal saat hasil ujiannya nggak sesuai harapan.

Prinsip “Nothing to lose” ini bisa membantu menetralkan stress-mu, karena kamu jadi berpikir bahwa sebenarnya nggak ada yang perlu dirasakan sebagai beban dalam ujian. Jangan lupa juga untuk berdoa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *