investasi emas

Buat para mahasiswa, kalau kamu tertarik untuk berinvestasi, kamu wajib memiliki pola pikir yang lebih bijak dalam mengatur keuangan kamu. Memang sih, menyisihkan dana untuk berinvestasi adalah hal yang sulit untuk mahasiswa, dan hal ini mungkin perlu waktu untuk pembelajaran terlebih dulu.

Nah tapi, ada investasi yang nggak terlalu rumit kok untuk kamu, yaitu investasi emas. Untuk memulai investasi ini kamu bisa memahami langkah-langkahnya di artikel ini.

Selain nggak rumit, investasi emas juga digemari karena memberikan beberapa keuntungan, yaitu:
  1. Nggak butuh modal besar

Sekarang ini harga emas per gram ada di kisaran Rp450.000,- sampai Rp600.000,-. Jadi, kalau uang bulananmu sebesar Rp2.000.000,- sampai Rp3.000.000,-, cobalah untuk menyisihkan beberapa persennya untuk membeli emas. Tapi, tentunya kamu harus siap mengurangi biaya foya-foyamu.

  1. Risikonya rendah

Berbeda dengan menabung di bank, dimana nilai tabunganmu akan terpotong biaya administrasi tiap bulannya, investasi emas nggak akan memotong nominal uangmu walaupun kamu diamkan selama berbulan-bulan sekalipun. Inflasi ekonomi juga nggak berpengaruh pada nilai emas, jadi kamu bisa berinvestasi dengan lebih tenang.

investasi emas

  1. Mudah dicairkan

Likuiditas emas jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saham atau properti. Ada baiknya kamu membeli emas yang udah bersertifikat PT Aneka Tambang (ANTAM) dan diakui di mancanegara karena nilai jualnya lebih tinggi dan lebih mudah dicairkan.

  1. Aman

Investasi emas itu aman dan mudah untuk dilakukan asalkan emas yang kamu beli memiliki sertifikat resmi. Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, kamu perlu memastikan kalau kamu membeli emas yang udah bersertifikat ANTAM. Kenapa? Supaya lebih mudah dicairkan dan bisa dijual ke seluruh dunia.

  1. Menguntungkan

Harga emas cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Kalau setahun rata-rata kenaikannya mencapai angka 18%, bayangkan aja berapa keuntunganmu 5 tahun ke depan. Pasti melimpah banget!

Investasi emas adalah salah satu investasi jangka panjang yang perlu dipertimbangkan semua orang. Nggak terkecuali untuk kamu yang masih duduk di bangku kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *