nggak terduga

Apa kamu sadar, kalau terkadang pengeluaran kamu di akhir bulan nggak sesuai dengan perencanaan di awal bulan? Hal itu terjadi karena selalu ada sumber pengeluaran yang nggak terduga tiap bulannya. Pengeluaran nggak terduga itu bentuknya bermacam-macam, tiap orang pasti ada bebannya masing-masing. Karena itu, pengeluaran nggak terduga nggak bisa disamakan.

Tapi, ada beberapa hal yang umumnya jadi sumber pengeluaran nggak terduga, seperti 5 hal ini:
  1. Barang diskon

Diskon atau potongan harga memang menggoda, apalagi kalau diskonnya untuk barang yang udah lama diincar. Saat itulah kamu harus menentukan pilihan, apakah mau beli mumpung ada kesempatan, atau mau menahan diri karena itu bukan kebutuhan. Yang manapun pilihannya, kamu harus berpikir dulu sebelum membeli. Ingat kondisi keuanganmu, dan seberapa besar kebutuhan kamu akan barang tersebut.

  1. Sakit

Semua orang pasti pernah sakit dan nggak ada yang bisa memprediksi kapan ia akan jatuh sakit. Penyakit itu bisa datang kapan aja, baik saat keadaan keuangan memadai, atau saat kekurangan uang. Untuk pengobatannya pun nggak selalu murah, karena itu kamu harus berjaga-jaga dengan uang kamu. Jaga juga pola makan dan gaya hidup kamu supaya nggak mudah jatuh sakit.

nggak terduga

  1. Musibah

Sama seperti penyakit, musibah juga datang tanpa direncanakan. Saat musibah datang, pengeluaran yang harus dikeluarkan menjadi besar. Musibah yang dimaksud adalah seperti kendaraan rusak, kebakaran rumah, kebanjiran, dan lain sebagainya.

  1. Hobi

Melakukan hobi memang menyenangkan, tapi saking menyenangkannya, kadang suka membuat lupa tentang kondisi keuangan yang dimiliki. Sifat ingin terus memuaskan hasrat ini bisa berdampak buruk nantinya, karena uang kamu bisa habis terpakai untuk menyalurkan hobi. Ada baiknya, kamu anggarkan sebagian uang untuk disalurkan ke hobi tiap bulannya, jadi pengeluaran kamu bisa lebih dikontrol.

  1. Traktiran

Pengeluaran ini biasanya terjadi di bulan ualng tahun kamu. Saat momen bahagia itu datang, biasanya ada keinginan untuk merayakannya bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Tentunya, untuk melakukannya ada uang yang harus dibayarkan. Ingat, traktiran itu nggak harus mahal, carilah tempat yang sesuai kantong. Kalau nggak ada budget, sekadar ngumpul bareng juga nggak masalah, kok. Yang penting adalah kebersamaannya.

Karena itu, memiliki dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal di atas adalah salah satu hal yang penting. Dengan adanya dana darurat, kejadian nggak terduga seperti 5 hal di atas bisa ditangani dengan baik. Ada beberapa cara mudah dalam mengumpulkan dana darurat yang perlu kamu ketahui. Simak langsung dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *