modal

Punya bisnis sendiri memang jadi keinginan banyak orang. Tapi keinginan untuk memmulai bisnis juga sering terhalang dengan berbagai macam hal, mulai dari terbatasnya waktu, ide bisnis, dan juga modal. Apalagi kalau kamu mahasiswa, selain terbatasnya waktu karena kesibukan kuliah, tapi juga ada keterbatasan modal karena kamu harus memenuhi kebutuhan kuliahmu.

Jangan khawatir, ada 5 bisnis kreatif rumahan minim modal yang bisa kamu lakukan kok:

  1. Bisnis desain

modal

Buat kamu yang jurusannya desain grafis, atau punya bakat mendesain, manfaatkanlah keahlianmu untuk berbisnis. Cuma perlu modal laptop atau komputer serta kreativitas, kamu bisa mempromosikan jasa membuat desain logo dan semacamnya lewat media sosial kamu, atau promosikan langsung lewat teman-teman kampus.

  1. Bisnis pre order kaos online

modal

Satu lagi buat yang kuliah jurusan desain grafis, cobain deh bisnis pre order kaos online. Cukup buat beberapa desain, bisa bertemakan band, karakter film atau kartun, atau olahraga. Supaya lebih hemat biaya, lakukan penjualan dengan sistem pre order (membayar terlebih dulu baru barang dibuat).

  1. Bisnis handycraft

modal

Suka mendesain atau bikin kerajinan tangan? Kamu bisa cobain untuk mulai usaha handycraft. Pilih produk-produk yang target pasarnya luas agar bisnis handycraft kamu cepat berkembang. Mungkin kamu bisa coba bisnis suvenir dari kayu dengan motif etnik, baik berupa gantungan kunci maupun peralatan tulis, atau bisa juga cobain kerajinan paper craft.

  1. Bisnis kelas olahraga

modal

Buat kamu yang suka berolahraga atau ikut kegiatan olahraga di kampus, kamu bisa coba aplikasikan pengetahuanmu dalam praktek nyata sekaligus menambah penghasilan kamu dengan cara membuka kelas olahraga. Kalau kamu jago aerobik atau senam, kamu bisa membuka kelas umum.

Target pasarnya luas, mulai dari remaja hingga ibu-ibu perumahan. Modalnya pun cukup memerlukan gerakan aerobik atau senam, ditambah tape dan mp3 yang berisikan lagu-lagu enerjik. Untuk tempatnya kamu bisa gunakan lapangan atau tempat pertemuan RT/RW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *