kosan

Kamu calon mahasiswa? Atau mahasiswa lama yang mau cari kosan baru? Namanya mahasiswa pasti udah nggak asing lagi dengan kata kos-kosan. Sebuah bangunan yang bisa disebut rumah kedua bagi yang merantau atau bagi yang memilih untuk tinggal lebih dekat dengan kampus.

Ternyata, kos-kosan itu ada banyak tipenya lho. Seperti 4 tipe rumah kos-kosan yang akan dibahas berikut ini.

Dari 4 tipe kosan berikut ini, kamu lebih milih yang mana nih?
  1. Kos yang banyak aturan

Sebenarnya, tipe kos yang satu ini bagus, tapi kadang ada peraturan yang bikin mahasiswa nggak nyaman. Misalnya, aturan yang mengharuskan kamu pulang jam 10 malam, kalau nggak pintu gerbang akan dikunci. Padahal, nggak jarang mahasiswa yang pulang larut karena harus menyelesaikan tugas kelompok atau laporan.

Tapi, biasanya kosan tipe ini lebih aman dibandingkan yang tanpa aturan. Jadi, paling kamu perlu tektokan dengan pemilik kos untuk nggak mengunci pintu sampai jam tertentu. Atau kamu minta izin untuk menggandakan kunci, biar nggak merepotkan pemilik kos untuk membukakan pintu saat udah larut malam.

kosan

  1. Kos khusus

Khusus di sini artinya pemiliknya menetapkan penghuninya melalui faktor tertentu. Biasanya sih kebanyakan berdasarkan gender. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

  1. Kosan dengan pemilik galak

Sebagian anak kos merasakan hidup ngekos dengan pemilik kosan yang galak banget. Biasanya sih, galaknya di saat tertentu aja, misalnya kalau kamu telat bayar kos, atau kalau kamu butuh sesuatu yang mengharuskan ada pengeluaran biaya dari sang pemilik. Siap-siap aja ya dapat omelan atau ceramah dari beliau. Mungkin kos tipe ini cocoknya buat kamu yang tahan menghadapi kegalakan sang pemilik.

  1. Kos bersama

Kos bersama ini bisa juga disebut kontrakan. Biasanya ada 2 atau 3 kamar di dalamnya, yang bisa ditempati sekitar 4 sampai 6 orang sekaligus. Karena namanya kos bersama, maka bayar listrik dan airnya pun dilakukan bersama-sama, jadi lebih hemat.

Kalau memilih untuk tinggal di tipe yang seperti ini, kamu harus siap menghadapi karakter orang-orangnya yang tentu berbeda-beda. Ada yang suka dengan ketenangan, ada yang suka keramaian, ada yang rapi, atau ada yang berantakan. Karena itu, kalau memang mau tinggal di kos bersama, sebaiknya kamu pilih teman-teman yang memang kamu udah kenal. Biar nantinya nggak sulit menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *