kebiasaan konsumtif

Kebiasaan konsumtif nggak bisa lepas dari gaya hidup modern yang serba praktis dan mobile, karena didukung dengan teknologi canggih yang berkembang pesat. Gaya hidup konsumtif memang memberikan kenikmatan dan kepuasan baik secara fisik maupun psikologis.

Padahal, gaya hidup seperti itu justru berdampak kurang baik pada kesehatan finansial. Konsumtif bisa dikatakan pemborosan, dan pemborosan bisa dimaknai sebagai suatu perilaku yang berlebih-lebihan dan melampaui apa yang dibutuhkan.

Sebenarnya, kebiasaan konsumtif itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, inilah empat di antaranya:
  1. Pengaruh budaya

Apa kamu sadar kalau sebenarnya gaya hidup konsumtif itu udah tertanam di kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia? Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang cuma suka mengonsumsi daripada memproduksi sendiri dengan alasan “lebih praktis”.

  1. Tuntutan gaya hidup

Tuntutan gaya hidup, baik lingkungan kampus atau pertemanan, juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebiasaan konsumtif. Banyak yang beranggapan, supaya mereka bisa diterima di lingkungan kampus atau pertemanan, maka mereka harus mengikuti apa yang dianggap sebagai “standar” di lingkungan tersebut.

Misalnya, lingkungan kampus dipenuhi oleh orang-orang yang menggunakan barang bermerek atau hobi nongkrong di kafe mahal. Karena takut nggak akan “diterima” di lingkungan tersebut, kamu pun akhirnya memaksakan diri untuk membeli barang-barang bermerek yang mahal tersebut, atau ikut-ikutan nongkrong. Ujung-ujungnya, uang di dompet dan rekening jadi cepat habis.

kebiasaan konsumtif

  1. Pengaruh media sosial

Karena internet udah jadi bagian dari hidup kita, tentu media sosial pun nggak luput dari kehidupan kita. Media sosial memang memiliki efek yang besar untuk seseorang, salah satunya adalah dalam hal belanja. Banyak yang tergoda membeli suatu barang cuma karena tergoda iklan di media sosial, padahal sebenarnya barang itu nggak dibutuhkan.

  1. Mudahnya berbelanja

Di zaman serba teknologi sekarang ini, semua jadi makin praktis dan canggih yang memberikan banyak kemudahan. Termasuk juga dalam berbelanja. Cuma dengan internet, kamu bisa membeli apapun tanpa perlu mendatangi toko atau mall. Cukup buka situs belanja online, bayar via mobile banking, dan barang pun siap dikirim.

Kemudahan dalam berbelanja inilah salah satu faktor yang membuat orang menerapkan gaya hidup konsumtif. Semuanya kembali lagi ke individu masing-masing, sih. Kalau kamu nggak gampang tergoda atau lapar mata dan selalu berpikir panjang sebelum membeli barang, tentu isi dompet dan rekeningmu pun aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *