begadang

Sebagai mahasiswa pasti kamu sering mengalami susah tidur, yang biasanya disebabkan kebiasaan tidur pada larut malam atau begadang karena tugas kuliah yang menggunung, atau karena mengerjakan skripsi. Padahal, untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan mengistirahatkan pikiran dari aktivitas sehari-hari, kamu harus memiliki tidur yang cukup.

Dalam kasus begadang ini, otomatis kamu nggak bisa memenuhi waktu minimal untuk tidur, yaitu 8 jam sehari. Hati-hati, dari kurang tidur itu ada banyak hal negatif yang bermunculan bagi kesehatan kamu, lho.

Kurang-kurangin lah kebiasaan begadang kalau kamu nggak mau kena beberapa akibatnya seperti ini:
  1. Pusing dan susah fokus

Karena waktu tidur kurang dari enam jam, maka saat bangun tidur biasanya jadi merasa pusing dan nggak bersemangat dan lesu. Kurang tidur juga bikin kamu susah untuk fokus, jadinya kamu juga jadi lebih gampang lupa.

Menurut penelitian dari Amerika dan Perancis di tahun 2009, faktor penentu otak memproses kemampuan mengingat disebut “sharp wave ripples”. Proses yang membantu untuk mengingat memori ini biasanya terjadi pada saat kita tidur atau beristirahat.

  1. Gampang marah

Kurang tidur bisa bikin emosi kamu lebih susah untuk dikontrol, cenderung meledak-ledak, dan gampang marah. Hal ini karena pengaruh hormon yang diproduksi tubuh saat kamu tidur. Saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon. Nah, kalau kurang tidur, otomatis tubuh cuma bisa menghasilkan sedikit hormon. Gampang marah adalah implikasi dari depresi yang kamu rasakan karena kurang tidur.

begadang

  1. Gelisah

Efek samping lain dari begadang adalah munculnya perasaan nggak tenang, berdebar-debar, dan gelisah. Hal ini bakal mempengaruhi kesehatan psikologis kamu. Perasaan gelisah ini juga disebabkan oleh hormon-hormon dalam tubuh.

  1. Obesitas

Kurang tidur bisa membuat kamu mengalami obesitas karena kalori dalam tubuh yang bertambah, dan proses metabolisme tubuh kamu makin lambat. Selain itu, obesitas juga berkaitan erat dengan diabetes. Kekurangan waktu tidur membuat produksi insulin dalam tubuh meningkat, sehingga risiko diabetes pun juga lebih tinggi.

Tugas kuliah dan skripsi itu memang penting, tapi kesehatan kamu adalah hal yang paling utama. Karena itu, biar bisa terhindar dari 4 hal di atas, mending kamu meluangkan waktu selama 8 jam untuk tidur, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *